Nelson Mandala
Dunia kembali berduka , sebelumnya aktor Hollywood Paul Walker tewas dalam tabrakan yang dialaminya belum lama ini . Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela meninggal dunia di kediamannya, di Johanesburg, Rabu (5/12/2013). Berita kematian ini disampaikan oleh Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma melalui televisi.

“Negara kita telah kehilangan putra terbaiknya,” ujar Zuma.

Penentang utama apartheid itu meninggal dengan tenang setelah beberapa lama menderita sakit paru-paru. Beberapa hari sebelum wafat, kondisi kesehatan Mandela sangat gawat. Ia hanya bisa hidup mengandalkan mesin bantu kesehatan.

Beberapa jam sebelum meninggal , keluarganya menyampaikan pernyataan bahwa Mandela dalam keadaan kritis, terbaring lemah di rumahnya. Pada September lalu, ia pulang ke rumah setelah tiga bulan dirawat di rumah sakit akibat infeksi paru-paru.

Cucu Mandela, Ndaba Mandela mengatakan kepada SABC bahwa kesehatan kakeknya belum menunjukkan perbaikan. Bulan lalu, mantan istri Mandela, Winnie Madikizela-Mandela mengatakan dia sudah tidak bisa bicara. Sebab, mulutnya dipenuhi alat-alat untuk menyedot cairan yang menggenangi paru-parunya.

0 comments:

Post a Comment

 
Top